Pohon Kurma Tumbuh di Indonesia

Pohon Kurma Tumbuh di Indonesia

Ternyata tanah kita ini memang subur, banyak tanaman yang bisa tumbuh di Indonesia seperti anggur, apel dan sekarang yang sedang tren adalah pohon kurma, sebagaimana yang banyak kita temukan artikelnya bertebaran di dunia maya, bahkan saat ini ada yang sudah menanam 400 pohon kurma di Pasuruan di lahan 3.7 Ha, untuk artikel lengkapnya, silahkan buka tautan ini, bahkan berita nya juga ada di Jawa Pos, yang terbit pada tanggal 5 Januari 2017.

Apakah ada nilai bisnisnya kalau ditanam secara massal seperti kelapa sawit? Ada kajian yang dilakukan oleh Bapak Muhaimin Iqbal yang dipublikasikan lewat websitenya, pada tanggal 2 Desember 2015. Saya kutipkan disini cupilkannya : “Teman saya di Indramayu menjual kurma segar panenannya Rp 350,000/kg , di Arab pasarannya SAR 100,- atau sekitar Rp 366,000/kg. Saya ambil harga yang di Indonesia saja Rp 350,000,-. Jadi 1 pohon kurma berpotensi menghasilkan Rp 35 juta per pohon per tahun bila dijual dalam kondisi segar. Sekarang Anda juga bisa melihat, potensi hasil 1 pohon kurma ini bahkan lebih tinggi dari potensi hasil  1 hektar pohon sawit !.”  Mungkin perhitungannya berlebihan karena ada juga sebuah tulisan di Kompasiana yang penjelasannya tidak berlebihan alias wajar.

Menurut pendapat saya, pada saat ini momentumnya sangat bagus untuk membudidayakan kurma dijadikan industri agriculture seperti kelapa sawit, apalagi bila membaca berita seperti yang terjadi pada petani kelapa sawit di Pekanbaru, Riau belum lama ini.  Salah satu kelebihan kurma adalah masa berbuahnya yang mencapai 90 tahun sehingga bisa diwariskan kepada anak cucu kita dan yang lebih menguntungkan lagi, petani dapat memproses kurma sendiri, tidak perlu mesin canggih sehingga tidak ada ketergantungan dengan pemilik pabrik seperti kelapa sawit, jadi sangat cocok untuk UMKM.

Ada banyak artikel bagus tentang kurma, yang ingin saya share dengan pengunjung web saya, diantaranya adalah, tentang penjualan bibit yaitu mitra tunas mandiri, cv berkah pohon kurma, atau majalah Trubus, dan mungkin masih banyak lagi. Bahkan ada Pemkab Rokan Hulu di Propinsi Riau, sebagaimana yang disampaikan oleh Bupatinya Bapak H Achmad, Msi di ruang kerjanya, pada tanggal 29 Januari 2017, yang saya kutip dari Riaumandiri, atau bisa baca juga disini.

Yang menjadi inspirasi tulisan ini adalah bahwa Thailand, negara tetangga kita yang sama sama negara tropis sudah membudi dayakan Kurma selama kurang lebih 15 tahun.  Kalau mereka bisa, kenapa kita tidak?

Jenis Pohon Kurma Barhee
Pohon kurma di intapalum, Thailand

Bagi yang tertarik untuk memulai belajar berkebun Kurma, PT. Kebun Kurma Jonggol (KKJ) menawarkan Kavling Kurma dengan luas 400m2 di Tanjungsari, Sirnasari, Jasinga (Kab. Bogor), Cipanas (Kab. Lebak), dan Karangwareng (Kab. Cirebon), khusus di Cirebon luasnya 500m2. Untuk pembelian setiap kavling, dapat 5 pohon kurma yang pemeliharaannya dibantu oleh KKJ sampai dengan pohon kurmanya berbuah.  In sya allah dalam waktu 5 tahun dijamin berbuah. Bila dalam masa tersebut pohon kurma mati, maka akan diganti pohon kurma lagi sesuai dengan usia pohon kurma tersebut.  Harganya saat ini masih harga promo, yaitu Rp 79.500.000/Kavling. Masa Promo ini hanya berlaku sampai dengan 30 April 2016.